Walkthrough Final Fantasy X part 2

======================================================================
I. WALKTHROUGH FINAL FANTASY X Part 2
======================================================================
  

STANDING TRIAL
Ketika kamu dapat mengontrol Yuna, kamu mesti mencari jalan keluar dari maze raksasa. Rata-rata monster yang menghadangmu lemah dari biasanya, tapi pertarungan yang sulit bakal menanti. Minta pertolongan dari kawan-kawanmu kalo perlu panggil Aeon sekalian. Jalan keluar ditandai oleh cahaya merah yang berkedip. Pada akhirnya, kamu akan berhadapan dengan Aeon, sedihnya, Aeon yang satu ini lebih kuat daripada Aeon yang kamu miliki. Setelah pertempuran, pengendalian dikembalikan ke Tidus. Kalo kamu sampai save point yang kedua, musuh yang familiar nongol. Dia nggak terlalu sulit daripada sebelumnya, tapi kamu mesti berdoa karena Wakka dan Rikku udah naik levelnya. 


Membuka kunci bisa menjamin kemenangan, tapi kamu bakal melepaskan 2 peti yang berisi senjata yang sangat kuat. Setelah ikan ini tenggelam, semua party akhirnya akan bergabung lagi. Sekarang kamu akan melawan Seymour lagi. HG menyarankan untuk menaikkan level Aeon-mu sebelum masuk ke pertempuran. Seymour bakal membunuh semua makhluk Aeon setelah sempat menyerang satu kali, jadi naikkan mereka sebaik mungkin.

CALM LANDS 
Yuna membutuhkan teman sekarang. Temani dan tolong dia. Istirahat sampai pagi, kemudian ambil Lucid Ring dari peti sebelah utara (dimana Lulu sebelumnya berdiri). Keluar ke kanan dan kamu akan menghadap ke Calm Lands. Pintu keluar dari area yang luas ini terletak di sudut timur laut. HG menyarankan untuk menjelajahi seluruh daerah. Di pusat padang rumput yang luas ini terdapat tempat peristirahatan dimana kamu bisa menyimpan permainan sementara dan mengumpulkan beberapa item. Peti berisi level 2 key sphere tersembunyi di balik bangunan. Kalo kamu  mencari lingkaran yang terdekat, kamu akan menemukan Belgemine lagi. Selesaikan tantangannya untuk mendapatkan bonus yang menarik. Di sebelah selatan (sepanjang pinggir kota) terdapat chocobo trainer. Bicara dengannya dan dia akan melatihmu. Kalo kamu lolos tes, kamu bisa lebih mudah menjelajahi seisi kota. O iya, di sebelah kiri orang ini ada volume Al Bhed. Sebelah kanan dari pintu keluar yang diinginkan terdapat orang yang malas. Dia akan memberi misi, terima aja. Selain itu, jika kamu kepingin mendapatkan senjata paling kuat di game ini, dan volume Al Bhed yang lain, jumpai Ultimate Weapon section pada panduan. Tapi kalo nggak mau menyelesaikan sidequest, ikuti panah merah menuju daerah pegunungan. Setelah kamu menyeberangi jembatan, boss robotic yang sangat kuat akan nongol. Gunakan kekuatan Auron dan Armor Break untuk membereskan mesin canggih ini dan semua akan beres.

LEGENDARY WEAPON

Cari Magic Mirror. Untuk mencarinya, pergi ke Nagi Plains. Ambil Chocobo dan arahkan ke sudut paling tenggara pada peta. Cari sebuah bulu, kemudian berjalan ke area yang lebih rendah yang dihalangi oleh reruntuhan. Lari ke kuil. Bicaralah ke pemenang chocobo sebelah kiri. Kemudian, ambil chocobo sebelah kanan, dan lakukan lomba balapan. Menang? Dapatkan Cloudy Mirror. Pergi ke Lake Macalania dan bicara dengan ibu dan anak pada pintu masuk hutan di area ini. Sekarang, arahkan ke kanan, dan lanjutkan utara di pas jalan kedua. Ayah pada keluarga ini akan berlari ketika kamu mengatakan di mana mereka berada. Kembali lagi ke ibu tadi dan bicaralah. Pada poin ini, beloklah ke kiri, kemudian pada save point selanjutnya, buru-burulah ke kanan. Naiki jalur magis menuju lokasi sang anak, bicaralah dengannya. Setelah perbincangan, gunakan Cloudy mirror untuk mengubahnya menjadi Celestial mirror. Benda ini dapat membuka kotak sial yang barusan kamu lewati. Untuk menggunakan scroll yang baru saja kamu temukan, kamu mesti balik ke lokasi ini untuk memberi daya. 

Sekarang, waktunya mencari Legendary Weapon untuk tiap karakter. Tapi sebagai catatan, pada mulanya, senjata ini kelihatan menjengkelkan, dan kamu musti membuka segel yang menahan kekuatannya. Tiap-tiap senjata juga terkunci oleh 2 segel. 

CALADBOLG TIDUS 
Tantang pengemudi Chocobo pada Calm Lands. Selesaikan semua latihannya untuk membuat penjaga berpindah dari pos penjagaannya di sebelah barat laut dari area ini. Lewati jalur yang sempit dan aktifkan symbol. Kamu akan mendapatkan Caladbolg. Untuk mengaktifkan, kembali ke Dome dan cari battleground dimana kamu bertarung melawan Yunalesca. Di sini, kamu akan menemukan Sun Crest. Kemudian, kembali ke Calm Lands dan selesaikan balapan chocobo yang ketiga dengan waktu 0:0:0. Cukup memungkinkan koq! Coba aja.. 

NIRVANA YUNA 
Terima misi koleksi monster dari orang tua pada daerah pinggiran Calm Lands. Kalo kamu berhasil mengoleksi 9 makhluk di Calm Lands, dia akan memberikanmu hadiah spesial. Buka peti dengan celestial mirror, dan legendary weapon-nya Yuna bakal jadi milikmu! Untuk menguatkannya, arahkan ke pantai Besaid Island dan sobeklah Moon Crest dari peti yang tersembunyi di timur. Untuk segel keduanya, kembali ke Calm Lands dan arahkan ke area rahasia (lompati jembatan yang rusak dengan chocobo). Masuk ke kuil Remiem dan bicara dengan Belgemine. Kalahkan semua Aeon-nya, kemudian lakukan pengiriman untuk mendapatkan Moon Sigil. 

GAGAZET MOUNTAIN
Selama menyelesaikan cerita, kamu juga akan terjerat pada ceritanya Kimahri. Kimahri akan memiliki beberapa serangan baru pada pertempuran melawan Biran dan Yenke. Gunakan lancet untuk mempelajarinya. Lanjutkan perjalanan dan periksa semua benda-benda berharga. Ketika jalan yang kamu lewati berbelok 90 derajat, arahkan ke gua besar untuk menemukan Sphere Braska. Sesudah ketemu save point, Seymour akan menyerang. Dengan 70000 HP dan kemampuan untuk memunculkan Zombie, dia tidak kelihatan bodoh lagi. Meningkatkan overdrives yang kamu miliki merupakan saran terbaik yang bisa HG berikan sebelum bertempur. Serangan penghancur miliknya bakal menghisap 4000 HP setiap karakter, sebaiknya salah satu karakter mempunyai HP lebih dari 4000.

RETURN TO ZANARKAND
Setelah Seymour keok, party akan mulai kegiatan discovery dan Tidus akan masuk ke dalam dunia mimpi lagi. Kalo ini terjadi, ikuti jalan menuju pintu. Ikuti serangga nakal yang mengganggu kepalamu. Kalo udah sampai, masuki gua besar. Peragakan kekuatanmu untuk Wakka dan teman-temannya, dan jangan lupa mengambil peti harta setelah tes selesai. Objective point akan muncul untuk tes selanjutnya. Tujuan kamu di sini adalah mencari jalan ke dalam gunung. Kuatkan  karaktermu pada save point sebelum diserang oleh naga yang sangat kuat. Monster ini akan mengeluarkan Curega dan Regen dari dirinya secara continue dan akan merintangi seranganmu dengan variasi efek. Mengeluarkan Shell untuk party-mu benar-benar membantu, dan menggunakan makhluk summon dari waktu ke waktu juga akan melemahkannya selain dia juga jarang banget menyembuhkan diri. Gunakan break attack-nya Auron setiap ada kesempatan, Eh ilmu Haste juga bukan ide yang buruk loh! Saksikan paduan suara yang menakjubkan di saat makhluk ini binasa dan kamu akan sampai pada tempat yang fami- liar. Ambil transmission sphere-nya Yuna di lantai, kemudian lanjutkan perjalanan menuju reruntuhan. Yuna sekarang membutuhkan waktu untuk berlatih summon lagi.

LEGENDARY WEAPON

MASAMUNE AURON
Arahkan ke bagian paling timur pada Dorge Cave dan kamu akan menemukan Rusty Sword. Persembahkan benda ini pada patung warrior di jalan Mushroom Rock. Dia akan memberikanmu arah jalan ke Masamune. Untuk menguatkannya, arahkan ke Mi'ihen Highroad, dan cari bagian paling selatan pada Old Road untuk mencari Mars Crest. Selanjutnya, tangkap 10 monster dari 10 spesies yang berbeda pada 10 benua yang berbeda pula dan peternakan tersebut akan memberikanmu Mars Sigil.

ONION KNIGHT LULU
Setelah mengalahkan boss di kuil Baaj, jelajahi kuil bawah air. Dari sini, kamu akan menemukan peti berisi senjata Lulu. Tempat ini cukup tersembunyi, jadi teruskan tekan X. untuk membuka segelnya, kembali ke Guadosalam dan kembali ke Farplane. Disini, kamu akan menemukan Venus Crest. Kemudian, berjalanlah menuju Thunder Plains. Sekarang, hindari dengan sukses 200 samberan petir tanpa terkena sekalipun. Kalo kena, ulang dari awal. Kalo udah Venus Sigil akan kamu dapatkan.

WORLD CHAMPION WAKKA
Arahkan ke Caf di Luca dan perlihatkan Celestial Mirror ke Bartender untuk membuka World Champion. Hati-hati, dia ngga akan memberikanmu sampai kamu memenangkan perlombaan. Sekarang, arahkan ke ruang locker Blitzball untuk mendapatkan Jupiter Crest. Untuk bisa membungkusnya dengan Jupiter Sigil, kamu mesti memenangkan beberapa turnamen.

GOD HAND RIKKU
Arahkan ke Mushroom rock dan gunakan Celestial Mirror pada symbol di penghujung jalan. Ambil God Hand dan ziarah ke Sanubia Desert. Salah satu pusaran air di situ terdapat Mercury Crest. Sekarang, cari Cactuar Rock dan berdolah didepannya. Selesaikan minigames Cactuar, kemudian ambil Mercury Sigil dari peti di area Sandstorm.

SPIRIT LANCE KIMAHRI
Kembali ke Thunder Plains dan aktifkan 3 cactuar rock. Pada bagian paling selatan, cactuar ghost akan muncul. Ikuti dia ke kuil, kemudian berdoa untuk membuka peti yang berisi Spirit Lance. Sekarang, ke Gagazet Mountain dan ambil Saturn Crest dari kotak diantara pilar (dekat pertarungan melawan Seymour). Akhirnya, kembali ke hutan Malacania dan ambil semua Blue Butterflies di minigames kedua, dan dapatkan Saturn Sigil.

DOME
Ikuti jalan yang diterangi bintang menuju Dome. Peti yang berisi Sphere Fortune dan Spiritual Targe dapat ditemukan sepanjang perjalanan. Kuil Dome nggak terlalu jauh dari jalanan. Seberangi jembatan yang udah rusak dan pikul item-item yang kamu temukan. Di ujung jalan, Tidus harus menyelesaikan tantangan Fayth lagi, yang ini cukup mudah koq. Cukup mencocokkan warna yang muncul di lantai dengan yang ada di dinding. Kalo kamu menginjak lantai yang warnanya nggak cocok, kamu mesti ngulang dari awal. Kalo semua udah matching, dorong tumpuan yang ada di pojokan ke dinding untuk mengaktifkan tantangan selanjutnya. Kalo udah beres semua, ambil sphere Kilika dari ruangan ini dan letakkan pada tumpuan di ruangan yang lebih kecil. Kembali, dan ambil sphere Besaid dan taruh pada tumpuan yang sebelah kanan. Lalu, untuk memunculkan benda yang unik, mula-mula kamu harus kembali ke permainan ini, sementara itu, simpan dulu permainanmu. Sang boss udah menunggu di ruangan sebelah. Hindari jangkauan pandangannya dan kerahkan semua yang kamu punya. Pertempuran dengan boss lain akan mengikuti pertarungan ini. Tapi sebelum itu kamu masih bisa keluar dan tingkatkan kekuatan. Perang selanjutnya dengan Lady Yunalesca, dia memang kelihatan innocent, tapi kekuatannya...wuih! Dan kamu harus melawan 3 perubahan bentuknya yang tiap-tiap bentuk memiliki HP lebih dari 20000. Jangan kaget, Lady Yunalesca bisa menetralisir Haste, Shell, dan beberapa efek status lain. Tapi kamu patut bersyukur, boss yang satu ini nggak terlalu merepotkan koq! Cuma pertempuran yang memakan waktu lama. 

Tinggalkan Dome dan masuk ke airship. Bicara dengan Yuna. Sebelum berangkat, kembali ke Dome (tempat masuk terakhir pada Nav-map). Sekarang kamu udah bisa membuka item yang jarang. Hitunglah semua kombinasi lantai di semua ruangan, kemudian ambil destruction sphere dan taruh benda tersebut pada ganjalan dinding sebelah kanan dalam ruangan yang besar. Ambil Magistral Rod, kemudian balik ke airship. 

CONFRONTING SIN
Pilih Highbridge pada Nav-map. Pergilah ke bilik dan bicaralah dengan Shelinda. Lokasi Sin akan diketahui kemudian, pertempuran yang satu ini tidak mudah. Gunakan Mental dan Armor Breaks-nya Auron untuk mengurangi kemampuan bertahannya. Ketika Sin meningkatkan kekuatan pada matanya untuk serangan Gravija, suruh Cid untuk menarik pesawat. Lenyapkan kedua tangannya, kemudian 2 pod pada kepalanya. Walaupun kelihatan menyeramkan, dia nggak terlalu sulit koq! Setelah adegan pembunuhan berakhir, kamu akan menyerang Sin kembali. Tujuan kamu disini adalah melenyapkan 140000 HP miliknya sebelum dia mengeluarkan Giga-Graviton. Gunakan Haste pada semua party dan lancarkan serangan paling mematikan. Kalo kamu memanggil Aeon, kesehatannya bisa cepat naik, jadi simpan aja untuk serangan terakhir. 

SIN: LAND OF THE DEAD
Ikuti jalur yang invisible sebaik yang kamu bisa. Kamu akhirnya akan menemui save point. Kalo kamu cukup ambisius, di situ ada banyak sekali item yang bisa kamu dapatkan. Selanjutnya, arahkan ke tangga. Boss kemudian akan kembali. Gunakan break-nya Auron untuk melemahkan dia, dan keluarkan sihir e-lemental untuk membakarnya. Kalo kamu melihat symbol yang ada dibelakangnya, kamu bisa mengetahui elemental apa yang sedang dia gunakan. Dia juga mempunyai 80000 HP dan serangan sebanyak 4 kali dalam satu turn. Meniadakan serangannya merupakan cara terbaik untuk menghentikannya. Setelah pertempuran, kamu musti melanjutkan 'permainan' ke dalam sin. Untuk mencapai sisi lain jurang (dengan peti dibawahnya), kamu mesti mencari tempat luncuran sepanjang dinding sebelah kanan. Di sisi lain, kamu akan bertemu save point terakhir game ini. Sebuah kapal besar akan jatuh tepat di depanmu. Periksalah segel yang bercahaya ungu. Ketika kamu pindah ke zona yang baru, sentuh tiap kristal yang muncul untuk mendapatkan benda unik. Ada 10 benda yang bisa dikoleksi. 

Setelah kamu menemukan semuanya, kamu akan berpindah ke boss selanjutnya. Kalo kamu memiliki benda yang bisa menghalangi proses pembatuan, pakai aja! Jangan gunakan Aeon dulu, pakai mereka pada ronde kedua. Sewaktu boss meningkatkan kekuatannya dengan overdrive, baru kamu panggil Aeon dengan serangan hembusannya, kalo nggak kamu nanti akan disapu. Setelah dia gagal menyerangmu, kamu mesti berhadapan dengan Aeon-mu. Jangan kuatir, kamu nggak bakalan mati. Buang makhluk-makhluk tersebut, dan boss terakhir akan muncul. Cukup kerahkan Reflect pada setiap orang dan gunakan potion untuk penyembuhan. Saksikan Sin yang menyerang dirinya sendiri dengan Gravija. Ketika HP-nya rendah, serang dengan satu serangan mematikan, dansaksikan sebuah ending yang spektakuler. Ciao!

Tempat Rahasia
Setelah mengalahkan Yunalesca di Yevon Dome Zanarkand.anda akan mendapatkan pesawat
Cari Lokasi Tersebut Menggunakan kordinat X dan Y

Baaj Temple    X=11-16, Y=57-63
Sanubia Sands    X=12-16, Y=41-45
Besaid Falls    X=29-32, Y= 73-76
Mi'hen Ruins    X=33-36, Y= 55-60
Battle Site    X=39-47, Y=56-60
Omega Ruins    X=69-75, Y=33,38
Password Pesawat
anda dapat menemukan password ini dengan mengartikan pesan al Bhed tersisa di lokasi tertentu di sekitar Leptospira.Perhatikan bahwa semua password adalah case-sensitive

Senjata legendaris Rikku GodHand    Masukkan password GODHAND di semua caps
Rikku menang; baju besi yang membatalkan tiga jenis serangan elemental.    Masukkan password VICTORIOUS di semua caps
Auron's Murasame: beruang kemampuan Satu Biaya MP.    Masukkan password MURASAME di semua caps

Strategi Extra 
Setiap karakter pada awalnya memiliki gerakan overdrive. Walaupun begitu, teknik yang lain bisa didapatkan selama perjalanan. Dan pada saat itu, kamu juga bisa membuka beberapa konfigurasi teknik overdrive. Inilah hal-hal yang mesti kamu lakukan. 

TIDUS 
Semua teknik overdrives Tidus bakal muncul seiring dengan waktu. Kalo kamu gunakan Spiral Cut 10 kali, kamu akan membuka Slice&Dice. Gunakan 20 kali dan Energy Rain akan aktif. Kurang? 50 kali untuk membuka overdrive Tidus yang paling mematikan. 

YUNA 
Semua overdrives Yuna berhubungan dengan Aeon. Jika kamu memiliki Aeon tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk Master Summon 

AURON 
Untuk mempelajari tekniknya Auron, kamu mesti mengumpulkan Sphere-nya Jecht yang tersebar di semua daerah. Sphere pertama yang kamu terima (sejak eventnya Jecht) membuka Shooting Star. Kamu musti mengumpulkan tiga lagi untuk mendapatkan Banishing Blade, dan terkumpul 10 untuk membuka teknik penghabisannya. Paling HG cuma ngasih daftar dimana kamu bisa mencari Sphere Jecht: 

Didapatkan secara otomatis (pada even Jecht) 
Besaid village (dekat kuil) 
S.S. Liki 
Luca Stadion (locker room) 
Mi'ihen Highroad 
Mushroom Rock (dekat save point) 
Moonflow (menaiki plafon) 
Thunder Plains (dekat inn) 
Macalania (dekat pintu masuk Thunder Plains) 
Gagazet Mountain (jalur salju) 

WAKKA 
Menangkan sejumlah turnamen Blitzball dan gulungan baru akan bertambah ke overdrive meter Wakka. 

KIMAHRI 
Gunakan gerakan Lancet pada musuh yang spesifik untuk membuka kemampuan khusus. Overdrive yang paling hebat akan muncul dengan sendirinya. 

LULU 
Seperti Yuna, overdrive-nya berhubungan dengan sihir. Untuk mengaktifkannya, kamu mesti memutar stik analog yang kanan sesuai jarum jam. 

RIKKU 
Cukup mengkombinasikan beberapa item untuk membuat serangan overdrive yang baru. Mudah, dan menyenangkan.

Bonus Aeon 
Sama seperti serial Final Fantasy sebelumnya, ada beberapa tempat Aeon tersembunyi selama permainan. Tentu saja, menambahkan mereka pada persenjataanmu tidak mudah. 

ANIMA 
Kamu telah melihat dia dan sempat merasakan bagaimana kamu disingkirkan olehnya. Untuk menambahkan Aeon ini, kembali ke kuil Baaj (pada Airship koordinat X-16, Y-57) setelah kamu mengoleksi semua benda unik dari tantangan Fayth. Lompat ke air dan jelajahi area tersebut. Boss yang familiar akan muncul. Kalo kamu berhasil mengalahkannya, sebuah kuil baru akan nongol. Dekati semua 6 patung yang ada, dan masuki bilik yang terlarang. Sebelum itu, Yuna akan kembali dengan Anima. 

YOJIMBO 
Kembali ke permulaan Gagazet Mountain dan masuk ke kuil di bawah jembatan. Ikuti jalur yang berangin dan cari seluruh sudut dan celah. Setelah save point, kamu akan bertarung dengan salah satu teman masa kecil Lulu. Gunakan teleporter untuk  berpindah ke bilik Fayth. Kamu musti membawa 300000 Gil untuk memenuhi Aeon yang baru ini. 

MAGUS SISTER 
Koleksi semua monster di Gagazet Mountain dan bawa mereka ke pengusaha peternakan di Calm Lands untuk menerima Blossom Crown. Selanjutnya, arahkan ke kuil tersembunyi di Calm Lands. Gunakan Chocobo untuk menggapainya. Kalahkan semua tantangan summon, termasuk Anima dan Yojimbo, untuk membuka Flower Scepter. Gunakan Crown dan Scepter pada pintu di belakang aula untuk mendapatkan Magus Sisters 

Lokasi Airship yang tersembunyi 
Ada beberapa lokasi yang tersembunyi. Cukup masukkan koordinat di bawah ini pada Search Menu untuk menemukan mereka di Nav-Map. Tekan X ketika koordinat telah masuk untuk menunjukkan sesuatu pada zona yang baru. Beberapa daerah ini bisa dimasuki kalo udah dibubuhi password. 

BAAJ TEMPLE 
Koordinat X-16, Y-57 
Dungeon pertama pada game ini. Kalo kamu melompat ke air, boss yang kamu hindari barusan akan kembali, dan tentu saja, kamu bisa mengalahkannya. Setelah itu ambil Aeon yang baru (lihat Anima) 

BATTLE SITE 
Koordinat X-42, Y-57 

BESAID FALLS 
Koordinat X-31, Y-73 

BESAID RUINS 2 
Password: MURASAME 
Nggak ada apa-apa disini, kecuali Murasame sword. 

MI'IHEN RUINS 
Koordinat X-34, Y-58 

MUSHROOM ROCK 
Password: GODHAND 

OMEGA RUINS 
Koordinat X-74, Y-36 
Tempat yang baik untuk meningkatkan level, volume Al Bhed terakhir ada disini 

SANUBIA SANDS 
Koordinat X-15, Y-41 

No Monster Encounter 
Curi 30 Purifying Salts dari zombie pada Dome, kemudian kombinasikan mereka dengan senjata yang memiliki kemampuan No Encounters 

Blitzball 
Kesulitan mainin bola ini? HG punya teknik yang cukup membantu. Kalo kamu ngga bisa ngikutin tembakannya Jecht pada saat aksi di kapal (ingat?), kembali ke boat lewat Airship dan coba teknik itu sekali lagi. Setelah kamu berhasil menggerakkan tendangan tersebut, kamu akan memenangkan Jecht Shot 2 pada pertandingan Blitzball. Selain itu, kamu juga mesti memasukkan player yang terbaik (dengan menekan kotak) dan pelajari strateginya musuh. 

Dictionary Al Bhed 
Kamu pengin tahu apa yang Al Bhed katakan? Ada 26 halaman Al Bhed tersembunyi tersebar sepanjang permainan. Dan kamu akan bisa menerjemahkannya. 

Movie & Music Player 
Cari theater di Luca dan bicaralah dengan penjaga. Yang satu menjual music, yang lain menjual CG movie. Kamu bisa aja membeli semua barang tersebut (kecuali ending movie loh!)

0 komentar:

Posting Komentar